Logo Bloomberg Technoz

Profil Jorge Mas, Aktor di Balik Berlabuhnya Messi di Inter Miami

News
19 July 2023 10:40

Lionel Messi. (dok Bloomberg)
Lionel Messi. (dok Bloomberg)

Felipe Marques dan Anna Jean Kaiser - Bloomberg News

Bloomberg, Keputusan Leonel Messi melanjutkan karir di Major League Soccer (MLS) AS bergabung dengan Inter Miami mengejutkan banyak pecinta sepak bola. Penyebabnya, dia menolak dana ratusan juta dolar dari pihak Arab Saudi dan klub yang dibelanya ini berada di papan bawah di posisi terakhir liga. Ada sosok Jorge Mas di balik keputusan peraih tujuh gelar Ballon d’Or ini.

Miliarder Jorge Mas merupakan aktor yang membujuk Messi untuk bergabung dengan Inter Miami. Dia membutuhkan waktu tiga tahun meyakinkan kapten Argentina di Piala Dunia 2022 untuk bergabung dengan Inter Miami. Dia menguasai 80% saham Inter Miami.

Nilai kesepakatan Messi tidak dipublikasikan. Hal yang pasti adalah Messi akan mendapatkan gaji pokok US$20 juta per bulan dan bisa meningkat menjadi US$60 juta per bulan bila mendapat bonus. Selain itu, Messi akan mendapat bagi hasil dari sponsor serta saham perusahaan. Messi di kontrak hingga 2025. Cara inilah yang sukses membuat Messi menolak tawaran pendapatan US$400 juta per tahun dari klub Al-Hilal, Arab Saudi.

Lionel Messi (Sumber Anne-Christine Poujoulat/Bloomberg)

Jorge Mas punya visi besar untuk mengubah bisnis sepak bola AS menjadi jauh lebih menguntungkan dari sebelumnya dengan Lionel Messi dan Apple Inc. di pihaknya. Visinya adalah superstar internasional ini akan memikat jutaan pelanggan baru ke layanan streaming Apple TV+ dan menarik para pemain top ke MLS.