Logo Bloomberg Technoz

Pembatasan Ekspor 2 Logam Penting Chip Bakal Lukai China Sendiri

News
17 July 2023 11:20

Ilustrasi Logam Gallium dan Germanium (Bloomberg)
Ilustrasi Logam Gallium dan Germanium (Bloomberg)

Tony Czuczka - Bloomberg News

Bloomberg, Kebijakan Xi Jinping yang membatasi ekspor galium dan germanium -dua logam penting untuk industri semikonduktor, telekomunikasi dan kendaraan listrik- akan merugikan China sendiri. Ini merupakan pernyataan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan.

"Saya pikir ini adalah langkah yang merugikan diri sendiri karena saya yakin itu hanya akan memperkuat tekad banyak negara lain di dunia untuk mengurangi risiko," kata Jake Sullivan dalam sebuah wawancara bertajuk Face the Nation di CBS News, Minggu (16/7/2023).

Ia menyebut dengan pembatasan ini akan membuat negara-negara lain terpacu untuk menemukan cara mengurangi ketergantungan pada China dan meningkatkan ketahanan rantai pasokan sendiri, termasuk untuk jenis mineral galium dan germanium.

Ilustrasi Bendera China (SUmber: Bloomberg)

Mulai 1 Agustus 2023, China menerapkan aturan yang menyatakan galium dan germanium, bersama dengan senyawa kimianya, akan tunduk pada kontrol ekspor yang dimaksudkan untuk melindungi keamanan nasional. Ini adalah episode terbaru dalam perang dagang antara China, AS dan Eropa.