Logo Bloomberg Technoz

PM China Peringatkan Jepang soal Dampak Kontrol Ekspor Cip

News
06 July 2023 13:45

Bendara China di sebuah kantor pusat pemerintahan. (Dok Bloomberg)
Bendara China di sebuah kantor pusat pemerintahan. (Dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri China Li Qiang mengatakan kontrol ekspor yang dilakukan Tokyo terhadap peralatan chip mutakhir akan merusak ekonomi global. Hal ini disampaikannya pada seorang mantan pejabat senior Jepang.

Dalam pertemuan pada Rabu (5/7/2023) Li Qiang mengatakan kepada Yohei Kono bahwa dia merasa keberatan dengan pembatasan tersebut, dan mendesak negara-negara lain untuk tidak mencampuradukkan politik dengan ekonomi. Hal tersebut disampaikan oleh mantan sekretaris Menteri Luar Negeri Jepang Kazuo Koga dalam jumpa pers.

Menurut Koga yang menghadiri pertemuan tersebut bersama duta besar Jepang untuk China dan hampir 80 anggota delegasi bisnis, Perdana Menteri China juga mengatakan bahwa prospek ekonomi Eropa lebih suram daripada Jepang atau China.

Grafik penurunan ekspor Jepang. (Sumber: Bloomberg)

Berdasarkan data yang dirilis bulan lalu, Zona euro jatuh ke dalam resesi pada kuartal pertama, dengan ekonomi blok tersebut menyusut sebesar 0,1% antara bulan Januari dan Maret. Sebaliknya, ekonomi Jepang tumbuh lebih cepat dari perkiraan semula. Sementara ekonomi China juga mengalami pertumbuhan, meskipun pada tingkat yang lebih lemah.