Logo Bloomberg Technoz

Sebelum aturan pembatasan dua logam ini, AS telah membuat kebijakan yang membatasi ekspor teknologi pembuatan chip canggih ke China dan AS dikabarkan berencana memblokir penjualan beberapa chip yang digunakan dalammenjalankan program kecerdasan buatan.

Dalam wawancara itu, Jake Sullivan kembali menjelaskan sikap AS yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Janet Yellen kepada para pejabat tinggi China dalam sebuah kunjungan ke Beijing bulan ini.

"Kami tidak ingin mengakhiri semua perdagangan dengan China,” katanya. "Apa yang ingin kami lakukan adalah pembatasan kecil dalam teknologi dengan implikasi keamanan nasional dan ingin menjaga itu dengan ketat.”

Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)

"Itulah yang akan terus kami lakukan dan China tentu saja harus membuat keputusan sendiri," kata Jake Sullivan.

John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional di Gedung Putih, menyanggah kritik dari anggota parlemen dari Partai Republik yang mengatakan bahwa keterlibatan pemerintah baru-baru ini dengan China menandakan kelemahan.

"Diplomasi bukanlah kelemahan, melainkan kekuatan," ujar Kirby dalam acara Fox News Sunday. "Dan itulah yang sedang kami kejar saat ini."

- Dengan bantuan dari Ian Fisher.

(bbn)

No more pages