Logo Bloomberg Technoz

Rusia Belum Kalah, Wagner Masuk Belarusia Bikin Ukraina Waspada

News
02 July 2023 10:30

Anggota Brigade Pengawal Nasional Bureviy berlatih militer di kawasan hutan dekat Kyiv, Ukraina, Kamis (22/6/2023). (Seth Herald/Bloomberg)
Anggota Brigade Pengawal Nasional Bureviy berlatih militer di kawasan hutan dekat Kyiv, Ukraina, Kamis (22/6/2023). (Seth Herald/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pasukan kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner Group kemungkinan akan berkumpul secara massal di Belarusia. Hal ini diprediksi dalam laporan dari Associated Press dan analis Amerika Serikat (AS) di Institute for the Study of War (ISW).

ISW mengatakan citra dari satelit menunjukkan bahwa ratusan tenda besar telah didirikan selama seminggu terakhir di pangkalan yang sebelumnya ditinggalkan di Asipovichy, yang terletak sekitar 150 mil utara perbatasan Ukraina. Pasukan milisi itu dilaporkan akan beroperasi dari tiga kamp lapangan di Belarusia.

Presiden Volodymyr Zelenskiy via Telegram mengatakan bahwa para pimpinan militer Ukraina dikerahkan untuk bertemu pada Sabtu (01/07/2023) di pembangkit listrik tenaga nuklir Rivne guna mengkaji kemungkinan ancaman terhadap lokasi tersebut menyusul laporan tentang situasi operasional di perbatasan Belarusia

Menurut seorang pejabat penjaga perbatasan Ukraina kepada media lokal, sebanyak 8.000 pasukan Wagner Group kemungkinan dikerahkan di Belarusia.