Logo Bloomberg Technoz

China Lagi Getol Impor Gas LNG, Ada Ancaman Krisis Energi?

News
03 July 2023 11:15

Ilustrasi pipa gas (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pipa gas (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China sedang rajin mengimpor gas alam cair (LNG) meski krisis energi global telah mereda. Bahkan pemerintah mendukung upaya-upaya perusahaan milik negara untuk menandatangani kontrak-kontrak jangka panjang dan berinvestasi di fasilitas-fasilitas ekpor gas.

Saat ini, China tengah berupaya menjadi pengimpor LNG terbesar di dunia tahun 2023. Menurut data Bloomberg News, selama tiga tahun berturut-turut, perusahaan-perusahaan China setuju membeli lebih banyak LNG dalam jangka panjang dibandingkan negara lain.

China melihat jauh ke depan untuk menghindari terulangnya krisis energi. Kontrak-kontrak LNG jangka panjang itu terbilang menarik karena pengiriman dijanjikan dengan harga yang relatif stabil dibandingkan dengan pasar spot, di mana harga gas melonjak naik setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Impor LNG China Diperkirakan meningkat dua kali lipat (Bloomberg)

"Keamanan energi selalu menjadi prioritas bagi China," kata Toby Copson, kepala perdagangan dan penasihat global di Trident LNG di Shanghai. "Memiliki pasokan yang cukup dalam portofolio mereka memungkinkan mereka mengelola volatilitas di masa depan. Saya memperkirakan ini akan terjadi lebih banyak lagi."