Logo Bloomberg Technoz

Harga Gas di Eropa Melompat 8%, Efek Pemberontakan Wagner

News
26 June 2023 14:30

Jaringan pipa gas di Eropa. Fotographer: Carina Johansen/Bloomberg
Jaringan pipa gas di Eropa. Fotographer: Carina Johansen/Bloomberg

Eamon Akil Farhat - Bloomberg News

Bloomberg, Harga gas alam di Eropa melonjak pada hari Senin (26/6/2023) karena kegelisahan seputar pemberontakan yang dilakukan tentara bayaran Wagner pimpinan Yevgeny Prigozhin terhadap Rusia. Meskipun berlangsung singkat, pemberontakan tersebut menambah kekhawatiran pasokan gas ke dataran Eropa.

Harga acuan gas di pasar berjangka naik sebanyak 8,4% pada hari ini. Gas telah melonjak sekitar 30% bulan ini karena pemadaman listrik dan kegelisahan tentang kekhawatiran pasokan telah mengguncang pasar. Pemberontakan dramatis selama akhir pekan adalah faktor terbaru yang menambah volatilitas.

"Risiko geopolitik Rusia saat ini jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum akhir pekan," kata Tom Marzec-Manser, kepala analisis gas di ICIS di London. "Ketidakpastian mengenai apa yang dapat terjadi dalam beberapa minggu mendatang di Rusia sendiri - daripada di Ukraina - kemungkinan akan mendorong pasar lebih tinggi pada hari Senin."

Meskipun Eropa telah secara signifikan mengurangi ketergantungannya pada gas pipa Rusia, Eropa masih menerima LNG Rusia dalam jumlah besar.