Logo Bloomberg Technoz

Biden Sebut AS Bakal Terhindar dari Resesi Ekonomi

News
28 June 2023 18:00

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Justin Sink dan Nancy Cook - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joe Biden mengatakan Amerika Serikat (AS) bakal terhindar dari resesi. Hal ini disampaikannya dalam malam penggalangan dana di pinggiran kota Maryland, di luar Washington, Selasa (27/6/2023). Para ekonom memprediksi AS akan jatuh ke dalam resesi bulan depan.

“[Resesi] Sudah diprediksi selama 11 bulan, coba tebak? Saya rasa itu [resesi] tidak akan datang," ungkapnya mengutip pasar tenaga kerja yang masih kuat dan upayanya untuk menekan inflasi.

Data terbaru mengenai perumahan, manufaktur dan kepercayaan konsumen telah mengalahkan ekspektasi, memberikan gambaran ekonomi yang tangguh. Laporan pada Selasa kemarin menunjukkan pembelian rumah baru naik ke tingkat tahunan tercepat dalam lebih dari satu tahun, pesanan barang tahan lama melampaui estimasi dan kepercayaan konsumen mencapai level tertinggi sejak awal tahun 2022.

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Meskipun data tersebut tidak mengabaikan kemungkinan resesi di tahun mendatang, data tersebut memberikan alasan untuk meyakini bahwa penurunan ekonomi tidak akan terjadi dalam waktu dekat.