Logo Bloomberg Technoz

Menurut survei bulanan Bloomberg terbaru terhadap para ekonom, perekonomian diperkirakan akan terhindar dari resesi tahun ini, namun inflasi yang mendasari akan lebih cepat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Di Kantor Pos Lama Chicago, Rabu (28/6/2023), Biden akan menyampaikan apa yang disebut Gedung Putih sebagai pidato mengenai kebijakan ekonomi "Bidenomics." Gedung Putih berusaha untuk meningkatkan persepsi tentang kinerja pekerjaannya sebelum pemilu 2024 berlangsung.

Tabel Data Ekonomi AS (Bloomberg)

Awal pekan ini, Biden mengumumkan rencana untuk mendistribusikan dana lebih dari US$40 miliar untuk infrastruktur internet berkecepatan tinggi dalam beberapa minggu mendatang. Ini menyebut ini sebagai contoh bagaimana pemerintahannya berusaha membantu semua orang Amerika, bahkan mereka yang tidak memilihnya.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa para pemilih secara luas melihat kinerja pekerjaan Biden di bidang ekonomi sebagai buruk, meskipun tingkat pengangguran rendah dan ada pengesahan undang-undang bantuan pandemi, infrastruktur, dan pengeluaran iklim.

Jika resesi akan terjadi dalam 12 bulan ke depan, Biden harus berharap resesi akan terjadi lebih cepat. Presiden dua periode biasanya dapat mengatasi resesi lebih awal, sementara presiden satu periode harus menghadapi berita ekonomi yang buruk ketika para pemilih menuju ke tempat pemungutan suara.

(bbn)

No more pages