Logo Bloomberg Technoz

Bukti Baru Konsumsi China Melambat, Penjualan Mobil Drop

News
26 June 2023 11:00

Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)

Linda Lew - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan mobil penumpang di China pada bulan Juni diperkirakan turun 5,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu ketika lockdown (penguncian) dicabut. Ini menunjukkan aktivitas di pasar mobil terbesar di dunia ini masih tidak stabil.

Asosiasi Mobil Penumpang China memperkirakan bahwa pengiriman mobil ritel bulan Juni akan menjadi sekitar 1,83 juta unit, dibandingkan dengan 1,94 juta dari bulan yang sama pada tahun 2022, tetapi masih mengalahkan penjualan setahun penuh di pasar seperti Inggris dan Kanada.

Penurunan ini disebabkan oleh tingginya angka pengiriman dari tahun sebelumnya, ketika permintaan meningkat tajam setelah lockdown Shanghai berakhir pada Mei 2022, menurut asosiasi tersebut.

Aktivitas pergerakan kendaraan di China. (Dok Bloomberg)

Penjualan kendaraan di China secara tahunan turun hingga April lalu, setelahnya terjadi lonjakan permintaan pembelian kendaraan baru setelah pembatasan Covid-19 dicabut. Secara keseluruhan, pengiriman mobil tumbuh 4,2% dalam lima bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan tahun 2022, peningkatan yang tidak terlalu besar mengingat perang harga telah memangkas biaya beberapa model hingga 40%.