Logo Bloomberg Technoz

Tidak Hanya Disimpan, DHE Bisa Dimanfaatkan untuk Dorong Ekonomi

Krizia Putri Kinanti
21 June 2023 12:10

Ilustrasi dolar Amerika Serikat. (dok Bloomberg)
Ilustrasi dolar Amerika Serikat. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Plt Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ferry Irawan mengatakan simpanan devisa hasil ekspor (DHE) yang diparkir di bank dalam negeri dapat dioptimalkan untuk pembangunan ekonomi yang lebih akseleratif. 

“DHE ini bisa jadi mitigasi resiko kita akan dinamika yang masih ada di global, seperti isu perlambatan ekonomi dunia yang lebih rendah dari seharusnya. Kita sebenarnya punya cukup modal, ini inline dengan surplus dan cadangan devisa. Kita masih punya peluang,” ujarnya pada Gambir Talk, Rabu (21/6/2023).

Ia juga menjelaskan bahwa revisi Peratutan Pemerintah (PP) terkait DHE bisa memastikan devisa yang dihasilkan ekspor dapat masuk ke dalam pasar keuangan Indonesia untuk dioptimalkan pada pembangunan Indonesia. Salah satunya untuk sumber likuiditas untuk program hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah produksi dan pembangunan ekonomi nasional lainnya.

Posisi cadangan devisa RI pada Mei 2023 mencatat penurunan terbesar sejak Maret 2020 (Bloomberg)

“Bisa untuk menjaga stabilitas sektor eksternal dengan penguatan cadangan dan devisa dan pendalaman pasar keuangan Indonesia,” katanya.

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan bahwa masuknya DHE akan mendorong peningkatan likuiditas valas di dalam negeri selain dari aliran investasi asing secara langsung (FDI) dan investasi portfolio.