Logo Bloomberg Technoz

Setelah Larang Ekspor, Pemerintah Siapkan Stimulus Sektor Bauksit

Rezha Hadyan
12 June 2023 14:10

Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman
Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Bloomberg Technoz, Jakarta –  Pemerintah berjanji akan memberikan kepastian serapan pasar terhadap industri penghiliran bauksit nasional, setelah resmi melarang ekspor komoditas mineral logam tersebut dalam bentuk setengah jadi mulai 11 Juni 2023.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan selama ini pemerintah sudah cukup banyak memberikan insentif bagi perusahaan yang berinvestasi di lini hilir pertambangan mineral.

“Sebetulnya insentif atau stimulus dari pemerintah untuk itu sudah banyak. Mungkin yang juga menjadi perhatian dari investor kan selain di hulu di awalnya kan ada market [pasar]-nya. Kepastian terhadap [serapan] market itu harus diperhatikan oleh pemerintah,” ujarnya setelah rapat kerja bersama Komisi VII DPR RI, Senin (12/6/2023).

Dia mengatakan tantangan selanjutnya setelah pemerintah melarang ekspor bauksit setengah jadi yang telah dicuci (washed bauxite) adalah bagaimana mendorong perusahaan sektor tersebut untuk menaikkan skala ekonominya.

“Jadi itu harus dibantu oleh pemerintah untuk menciptakan economic scale [skala keekonomian] dari investasi downstreaming [penghiliran], bukan hanya untuk bauksit, tetapi untuk yang lain-lain itu bisa ada,” ujarnya.