Logo Bloomberg Technoz

Bauksit Tetap Bakal Dilarang Ekspor per 10 Juni, Ini Risikonya

Rezha Hadyan
08 June 2023 19:10

Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman
Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah memastikan larangan ekspor bauksit setengah jadi yang telah dicuci (washed bauxite) tetap akan dilaksanakan mulai 10 Juni 2023, tanpa adanya dispensasi selayaknya yang terjadi pada ekspor konsentrat tembaga.

“Tetap on lah. Kebijakan itu kan sudah lama. Kalau sama [perintah] Presiden memang harus per 10 Juni,” tegas Plt. Dirjen Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Muhammad Wafid saat ditemui usai rapat kerja bersama Komisi VII DPR RI, Kamis (8/6/2023).

Dia tidak mengelaborasi terkait dengan potensi serapan bauksit di dalam negeri setelah ekspornya dilarang. Akan tetapi, dia memastikan Kementerian ESDM akan melakukan evaluasi secara berkala terhadap kebijakan larangan ekspor tersebut. 

“Intinya kami menindaklanjuti perintah dari Presiden. Bagaimana nanti hasilnya? Ya evaluasi lagi. Sementara ini, kita masih tetap on [mulai larangan ekspor bauksit] tanggal 10 Juni,” tuturnya.

Kementerian ESDM memperhitungkan, saat pelarangan ekspor diberlakukan mulai pertengahan tahun ini, akan terjadi pengurangan pendapatan negara dan kehilangan kesempatan kerja di pertambangan.