Logo Bloomberg Technoz

Nasa Hingga Departemen Pertahanan AS Kini Bisa Gunakan OpenAI

News
10 June 2023 20:00

Mesin pencarian Microsoft Bing dan browser Edge dengan dukungan AI. (Sumber: Chona Kasinger/Bloomberg)
Mesin pencarian Microsoft Bing dan browser Edge dengan dukungan AI. (Sumber: Chona Kasinger/Bloomberg)

Rachel Metz - Bloomberg News

Bloomberg - Microsoft Corp. akan memungkinkan pengguna layanan komputasi awan (cloud computing service) Azure Government, yang mencakup berbagai instansi pemerintahan Amerika Serikat (AS), untuk mengakses sejumlah model kecerdasan buatan atau AI dari OpenAI, pencipta ChatGPT.

Microsoft, yang merupakan investor terbesar OpenAI dan menggunakan teknologinya untuk menggerakkan chatbot Bing, mengumumkan pada Rabu (07/06/2023) bahwa pengguna Azure Goverment dapat menggunakan dua Model Bahasa Besar (Large Language Models/LLMs) OpenAI: model terbaru dan paling kuat dari startup tersebut, GPT-4, dan yang sebelumnya, GPT-3, melalui layanan Micorosoft Azure OpenAI.

Perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington merilis postingan blog, dilihat oleh Bloomberg, tentang program tersebut, walaupun tidak menyebutkan lembaga AS tertentu yang diharapkan menggunakan model bahasa besar saat peluncuran. Departemen Pertahanan, Departemen Energi, dan NASA termasuk di antara pemerintah federal yang menggunakan Azure Government.

Pusat Informasi Teknis Pertahanan (Defense Technical Information Center/DTIC), bagian dari Departemen Pertahanan yang fokus pada pengumpulan data dan berbagi penelitian militer, akan bereksperimen dengan model OpenAI melalui penawaran baru Microsoft, dikonfirmasi oleh seorang pejabat DTIC.