Logo Bloomberg Technoz

Perjalanan Bitcoin & Indeks Nasdaq yang Kini ‘Setara’

News
01 June 2023 21:00

Bitcoin papan layar. (dok Bloomberg)
Bitcoin papan layar. (dok Bloomberg)

Vildana Hajric dan Issabelle Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Para fans koin digital kripto saat ini membayar korelasi nilai Bitcoin yang melemah dengan tren pergerakan saham-saham teknologi. Bitcoin memang telah mencatatkan penurunan bulanan paling dalam pada Mei 2023, pertama kali terjadi sejak 2023. Sementara itu, terjadi rebound pada indeks Nasdaq 100 sekitar 8% saat dunia tengah membicarakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Pergerakan 30 hari antara keduanya adalah sekitar 0,2% berbanding 0,8% pada Mei 2022. Angka 1 menunjukkan aset bergerak searah, sedangkan minus 1 aset bergerak berlawanan.

Para investor aset digital senang dengan pudarnya korelasi antara kripto dan saham pada awal 2023. Koin sempat melonjak dan jauh meninggalkan capaian pada pasar bursa saham. Implikasi dari perpecahan tersebut saat ini menjadi tidak menguntungkan.

“Sedikit risiko ‘idiosyncratic’ akhirnya kembali ke aset-aset ini dibandingkan dengan semuanya, sama,” kata Peter van Dooijeweert, head of multi-asset solutions, Man Group. Pergerakan Nasdaq dipicu olehgebrakan AI, tambahnya.