Logo Bloomberg Technoz

Perbaikan harga Bitcoin tahun ini telah gagal menjadi 64%, setelah pada Mei terjadi penurunan hampir 8%. Bitcoin dilaporkan turun 1% menjadi US$26.868 pada Kamis pukul 7:25 pagi waktu New York pada hari Kamis. Koin lainnya, seperti Ether dan XRP, juga mengalami penurunan lebih dalam.

Pada era pandemi, terjadi stimulus besar-besaran yang menyebabkan kripto dan saham-saham teknologi melonjak bersamaan. Korelasi antara token dan berbagai aset tradisional sejak itu melemah setelah kejatuhan koin virtual pada 2022. Hal ini menyulut turunnya minat investor di pasar secara drastis.

Grafik korelasi Bitcoin dengan bursa teknologi di Nasdaq.

Korelasi yang Dinamis

"Korelasi sudah dan akan terus dinamis karena adopsi pertumbuhan dan perubahan tesis investasi mendominasi sesi perdagangan," kata Stephane Ouellette, kepala eksekutif FRNT Financial Inc., sebuah platform institusional yang berfokus pada aset digital. 

Indeks Nasdaq 100 telah reli 30% tahun ini. Beberapa analis mempertanyakan berapa lama tren positif ini akan terjadi, dengan beberapa saham perusahaan besar juga telah menunjukkan kenaikan berarti.

Pada waktu yang lebih lama, pemisahan Nasdaq dengan saham-saham teknologi berkapitalisasi besar berpotensi menjadi keuntungan bagi aset digital, menurut Alex Coffey, ahli strategi perdagangan TD Ameritrade. Namun saat ini hiruk-pikuk AI mungkin akan terus memisahkan antara saham teknologi dan kripto.

Hal ini , sebagian narasi terkait dengan AI, yaitu “terdapat ruang bagi Nasdaq untuk mengungguli koin utama kripto, karena Bitcoin dan Ether telah diperdagangkan dalam kisaran yang terbatas dengan volatilitas sepertinya rendah dan permintaan spot yang lemah," kata Chris Newhouse, seorang trader kripto independen.

(bbn)

No more pages