Logo Bloomberg Technoz

Mendag Bantah Stok Bawang Putih Seret Gegara Izin Impor Telat

Rezha Hadyan
30 May 2023 14:00

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau bapok di Pasar Terong, Makassar (3/5/2023)./Dok. Kemendag
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau bapok di Pasar Terong, Makassar (3/5/2023)./Dok. Kemendag

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perdagangan menampik tudingan bahwa keterlambatan penerbitan surat persetujuan impor (SPI) bawang putih adalah biang keladi seretnya stok komoditas tersebut di dalam negeri, yang berujung pada harga yang terus meroket beberapa pekan terakhir. 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berdalih, sejauh ini stok bawang putih masih relatif aman. Namun, dia tidak menyebutkan berapa tepatnya pasok komoditas bumbu dapur tersebut yang masih tersisa di dalam negeri. 

“Yang tahu saya kok [stoknya]. Kamu tahu dari mana [kalau stok menipis]?” ujarnya ketika dimintai konfirmasi perihal anomali stok dan harga bawang putih oleh awak media di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023).

Zulhas – demikian sapaan akrabnya – bahkan menyebut impor bawang putih sepatutnya tidak lagi dilakukan. Dia meminta agar komoditas pangan tersebut bisa dipenuhi lewat produksi dalam negeri

“Masa soal bawang [putih], soal apa itu, buah-buahan kering [saja] impor. Ya kita kurang-kurangilah impor-impor yang bisa mengganggu ekonomi kita,” tegasnya.