Logo Bloomberg Technoz

Kredit Lesu, Konsumsi Lemah, Sudah Saatnya BI Pangkas Bunga?

Ruisa Khoiriyah
24 May 2023 14:13

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Andre Malerba/Bloomberg)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Andre Malerba/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perry Warjiyo resmi dilantik hari ini sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk periode 5 tahun ke depan. Perry sejauh ini menjadi satu-satunya Gubernur BI yang menjabat hingga dua periode.

Usai seremonial pelantikan, Perry akan langsung memimpin Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang dijadwalkan berlangsung hari ini dan esok hari. 

Keputusan bunga acuan BI, Kamis (25/5/2023), akan sangat dinanti di tengah sinyal perlambatan pertumbuhan kredit bank yang semakin kentara, juga laju konsumsi rumah tangga yang terlihat belum mampu bangkit sepenuhnya. Adakah BI akan mulai terang memberi sinyal peluang pemangkasan bunga acuan? Atau, BI masih menunggu petunjuk lebih kuat lagi sebelum menggunting bunga, terutama terkait laju inflasi IHK yang sejauh ini masih di atas target bank sentral.

Hasil konsensus dari 28 analis  yang disurvei oleh Bloomberg sampai Rabu siang hari ini (24/5/2023), memperkirakan dengan suara bulat bahwa BI masih akan kembali mempertahankan bunga acuan di level saat ini 5,75%. 

Pergerakan yield INDOGB/SUN 2 tahun mengindikasikan sinyal pemangkasan bunga acuan (Bloomberg)

Adapun sinyal dari pasar surat utang memperlihatkan ekspektasi penurunan bunga acuan BI7DRR semakin tinggi. Ini bisa terbaca dari pergerakan selisih yield Surat Utang Negara (SUN/INDOGB) tenor 2 tahun dengan BI7DRR.