Logo Bloomberg Technoz

'Perang Dingin' Picu Hubungan AS-China Hadapi Tantangan Serius

News
24 May 2023 09:30

Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg -  Duta besar baru China untuk Amerika Serikat (AS) mengatakan hubungan antara dua negara terbesar dunia tersebut menghadapi 'kesulitan dan tantangan serius'.

"Kami berharap Amerika Serikat akan bekerja sama dengan China untuk meningkatkan dialog, mengatasi perbedaan, dan juga memperluas kerja sama dengan kami," kata Xie Feng setibanya di Bandara Internasional John F. Kennedy di New York, Selasa (23/5).

Xie mengisi posisi duta besar yang sudah lama kosong selama lima bulan terakhir. Sebelumnya, ia pernah bertugas di kedutaan besar China di Washington dan merupakan kepala misi diplomatik China di Hong Kong. Pendahulunya, Qin Gang, tak lagi menjabat sejak awal Januari setelah dipromosikan menjadi Menteri Luar Negeri. 

Penunjukan tersebut dilakukan setelah Washington berniat menstabilkan hubungan antara dua pesaing global tersebut. Hubungan keduanya tegang selama beberapa bulan terakhir di tengah perselisihan atas tuduhan soal mata-mata, kedaulatan Taiwan, dan pengetatan kendali ekspor teknologi AS.