Logo Bloomberg Technoz

AS Tegaskan Tak Berencana Cabut Sanksi Terhadap China

News
23 May 2023 17:20

Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)

Bloomberg News - Amerika Serikat (AS) mengaku tak punya rencana untuk mencabut sanksi terhadap Menteri Pertahanan China Li Shangfu, menyusul komentar yang dibuat sehari sebelumnya oleh Presiden Joe Biden saat menghadiri KTT G-7 di Jepang.

Berbicara dengan wartawan di Washington pada Senin (22/5/2023) juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller membantah pemerintah AS menerima gagasan untuk mencabut sanksi terhadap Li. China telah menolak permintaan Menteri pertahanan Lloyd Austin untuk bertemu Li bulan depan di sebuah forum pertahanan di Singapura karena sanksi tersebut.

"Tidak, kami tidak akan (mencabut sanksi)," kata Miller saat ditanya apakah Departemen Luar Negeri sedang mempertimbangkan pencabutan sanksi. Miller menambahkan bahwa Biden 'menegaskan kami tidak berencana mencabut sanksi apapun terhadap Li atau China secara lebih luas'.

Ditanya pada Minggu (21/5) apakah AS akan mencabut sanksi terhadap Li agar bisa bertemu Austin, Biden berkata, "Saat ini hal itu masih dalam negosiasi."

Secara garis besar, Biden menyuarakan optimisme bahwa hubungan AS-China akan 'segera mencair' setelah penembakan balon mata-mata China diduga menggagalkan momentum positif yang berasal dari pertemuan antara presiden AS dan pemimpin China Xi Jinping tahun lalu.