Logo Bloomberg Technoz

DPR Kritik Subsidi Mobil Listrik Naik Tapi Subsidi Pupuk Turun

Elisa Valenta
16 May 2023 16:20

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (sumber: dpr.go.id)
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (sumber: dpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyoroti kebijakan pemerintah yang memberikan subsidi kendaraan (mobil) listrik di tengah penurunan alokasi subsidi pupuk.

Menurutnya, pemerintah seharusnya fokus membangun pemerataan ekonomi, menanggulangi kemiskinan serta memperkuat sektor pertanian, perikanan, dan pangan pada umumnya dibanding menggelontorkan subsidi untuk kendaraan listrik.

Gobel mengatakan sektor-sektor tersebut seharusnya mendapat gelontoran subsidi lebih dari pemerintah karena mereka lah yang sebenarnya paling berhak dibantu.

"Subsidi untuk yang papa, bukan untuk yang berdaya. Mari kita gunakan akal sehat dan nurani kita dalam bernegara. Mana yang lebih prioritas dan urgent, membangun pertanian dengan mensubsidi petani dan pertanian atau mensubsidi mobil listrik dan pengusaha kaya?" ujar Gobel dilansir dari laman DPR RI, Selasa (16/5/2023).

Politisi Fraksi Partai Nasdem ini menyatakan di tengah pemberian subsidi kendaraan listrik, anggaran untuk subsidi pupuk mengalami penurunan terus dalam lima tahun belakangan.