Logo Bloomberg Technoz

Beli BBM Bersubsidi di Jakarta Wajib via QR Code Mulai 25 Mei

Rezha Hadyan
16 May 2023 14:40

Pemotor memadati SPBU Pertamina di Pangkal Pinang untuk mengisi BBM (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pemotor memadati SPBU Pertamina di Pangkal Pinang untuk mengisi BBM (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pertamina akan mewajibkan seluruh pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di DKI Jakarta menggunakan transaksi berbasis QR code mulai 25 Mei 2023.

Menurut keterangan Pertamina Patra Niaga, program yang juga disebut Skema Full QR itu akan dikecualikan untuk wilayah Kepulauan Seribu, lantaran baru akan dimulai pada 8 Juni 2023. 

Skema Full QR tersebut akan dilaksanakan paling lambat 2 pekan setelah program Skema Full Registran dilakukan sejak 11 Mei 2023. Dengan demikian, seluruh pembeli BBM bersubsidi di Ibu Kota wajib sudah terdaftar di aplikasi MyPertamina per 25 Mei 2023. 

Sekadar catatan, Skema Full Registran adalah mekanisme di mana kendaraan konsumen yang sudah terdaftar dapat melakukan pembelian BBM bersubsidi jenis  Solar, meski tidak membawa kode respons cepat atau quick response (QR) code. Sebaliknya, konsumen yang tidak/belum terdaftar tidak akan dilayani. 

Adapun, Skema Full QR bakal mewajibkan seluruh konsumen untuk membawa dan menunjukkan kode QR mereka ketika melakukan transaksi pembelian BBM bersubsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina.