Logo Bloomberg Technoz

Zulkifli Hasan Belum Masuk di Daftar Bacaleg PAN

Sultan Ibnu Affan
12 May 2023 19:35

Ketum PAN Zulkifli Hasan dan jajaran DPP di KPU RI (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Ketum PAN Zulkifli Hasan dan jajaran DPP di KPU RI (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) telah resmi mendaftarkan sebanyak 580 bakal calon legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyatke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memimpin langsung rombongan partai berlambang matahari tersebut sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat (12/5/2023).

Selain DPR, PAN juga mengajukan 2.372 bacaleg untuk mengisi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi pada 301 daerah pemilihan (dapil). Selain itu, 17.512 bacaleg untuk mengisi 2.325 dapil DPRD Kabupaten dan Kota.

Zulkifli mengklaim tak ada namanya dalam daftar bacaleg untuk DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten atau Kota. Meski demikian, PAN masih membuka potensi besar untuk memasukkan nama Menteri Perdagangan tersebut ke daftar bacaleg DPR. 

"Tentatif, masih belum. Belum ada [nama saya], kalau diperlukan baru turun," kata Zulkifli di Gedung KPU. 

Logo Partai Amanat Nasional (PAN). (Dok. PAN)

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno juga mengatakan, Zulhas, sapaan Zulkifli, berpotensi maju sebagai bacaleg DPR untuk Dapil Jawa Tengah I. Jika diperlukan, kata dia, Ketum PAN akan menggantikan salah satu bacaleg di dapil tersebut.