Logo Bloomberg Technoz

Orang Terkaya Vietnam 'Bertaruh' Rp120 T untuk Mobil Listrik

News
08 May 2023 15:20

Ketua Vingroup JSC, Pham Nhat Vuong menghadiri upacara pemuatan kendaraan listrik VF8 milik VinFast LLC di Vietnam. (Linh Pham/Bloomberg)
Ketua Vingroup JSC, Pham Nhat Vuong menghadiri upacara pemuatan kendaraan listrik VF8 milik VinFast LLC di Vietnam. (Linh Pham/Bloomberg)

Anurag Kotoky dan Sean O'Kane - Bloomberg Technoz

Bloomberg, Pertaruhan besar-besaran yang dilakukan oleh para taipan di Asia pada kendaraan listrik tampaknya belum berhenti. Meskipun kenyataanya banyak taipan yang gagal bermain di industri kendaraan listrik tersebut. 

Pham Nhat Vuong, orang terkaya di Vietnam adalah salah satunya, taipan ini orang terbaru yang mengikuti jejak Elon Musk. Taipan asal AS, Musk, yang mendapat julukan mafia PayPal telah berhasil membawa Tesla Inc melewati masa sulit yang dikenal dengan istilah "hell production".

Contoh taipan sukses lain yang masuk ke kendaraan listrik adalah James Dyson, miliarder peralatan rumah tangga, lalu ada Jia Yueting pendiri Netflix di Cina; dan Hui Ka Yan, taipan properti di balik China Evergrande Group.

SUV listrik VF 8 VinFast akan dikirim dari Haiphong. (Linh Pham/Bloomberg)

Kemungkinan salah satu dari para pemain tersebut sukses dan keluar dari situasi hell production akan lama. Contohnya, Dyson menghentikan usaha mobil listriknya pada tahun 2019. Faraday Future Intelligent Electric Inc. milik Jia menghadapi kemungkinan penghapusan pencatatan saham di Nasdaq. Dan China Evergrande New Energy Vehicle Group Ltd. milik Hui sedang berjuang untuk bertahan.