Logo Bloomberg Technoz

Cuaca Panas Ekstrem, Suhu di Vietnam Tembus Rekor 44 Derajat

News
08 May 2023 13:39

Pasar di Vietnam (Sumber: Bloomberg)
Pasar di Vietnam (Sumber: Bloomberg)

Nguyen Xuan Quynh - Bloomberg News

Bloomberg, Cuaca panas ekstrem yang terjadi di Asia membuat Vietnam mencapai rekor suhu tertinggi 44,1 derajat celcius (111,4F) di provinsi Thanh Hoa pada Sabtu 6 Mei 2023 lalu. Hal ini merupakan  laporan publikasi kementerian kesehatan Suc Khoe Doi Song. Sejumlah provinsi lain di bagian utara dan tengah juga mengalami gelombang panas pada tanggal 5 dan 6 Mei lalu.

Cuaca panas ekstrem ini mendorong perusahaan listrik negara, Vietnam Electricity Group memperingatkan kekurangan listrik di bagian utara negara itu, seperti dilaporkan oleh VnExpress. Vietnam Utara bisa kekurangan sebanyak 4.900 megawatt pada Mei dan Juni, menurut laporan itu, mengutip informasi perusahaan yang dikenal sebagai EVN. Kapasitas konsumsi di provinsi utara diperkirakan meningkat 15% dari tahun sebelumnya selama periode Mei-Juli karena daerah tersebut memasuki musim panas.

Temperatur diperkirakan akan meningkat bersamaan dengan pola cuaca El Nino yang dapat mengurangi curah hujan, dan dengan demikian memutus pasokan air ke waduk pembangkit listrik tenaga air pada bulan-bulan terakhir tahun ini. Aliran ke danau-danau ini sudah turun sekitar 70% hingga 90% dari rata-rata, menurut laporan tersebut.

Output yang tersisa di seluruh sistem reservoir sistem diperkirakan sekitar 4,5 miliar kWh, sekitar 4,1 miliar kWh lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu, kata laporan itu, mengutip EVN.