Logo Bloomberg Technoz

Inilah Sentimen Utama Penentu Merah-Hijau Pasar Pekan Ini

Ruisa Khoiriyah
01 May 2023 10:00

Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)
Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - April sudah berlalu di Indonesia dengan cerita libur Lebaran 2023 yang telah mencatat rekor kenaikan lalu lintas di tol Trans Jawa hingga 46%. Kini, bulan baru datang dan pelaku pasar keuangan domestik maupun global akan menghadapi pekan krusial di mana akan ada banyak data-data penting bakal rilis dalam hitungan hari ke depan.

Data-data itu akan signifikan menyetir pergerakan pasar keuangan domestik juga global. Para pelaku pasar sudah pasang kuda-kuda mengantisipasi.

Dari pasar domestik, pelaku pasar menanti data inflasi Indonesia yang akan dijadwalkan akan diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Selasa, 2 Mei nanti. 

Inflasi RI pada April diperkirakan naik 0,45%, menurut konsensus analis Bloomberg. Secara tahunan, inflasi IHK Indonesia diprediksi melandai di level 4,39% pada April dari sebesar 4,97% di bulan sebelumnya.

Inflasi yang makin mendekati target bank sentral semakin menebalkan posisi BI7DRR. Kepastian bahwa Indonesia sudah berada di puncak siklus kenaikan bunga yang dilangsungkan sejak Agustus 2022 itu, memberi kepercayaan pada pasar untuk lebih bergairah menyusun strategi investasi.