Logo Bloomberg Technoz

Penumpang Bus Masih Keluhkan Beli Tiket Online

Rezha Hadyan
24 April 2023 17:00

Terminal bus di Bekasi (Bloomberg Technoz/Rezha Hadyan)
Terminal bus di Bekasi (Bloomberg Technoz/Rezha Hadyan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kemudahan membeli tiket bus secara daring ternyata tak sepenuhnya direspons positif oleh para penumpang. Beberapa penumpang justru menganggap hal tersebut menyulitkan meski bagi sebagian orang justru memberi kemudahan.

Salah satu di antaranya adalah Koswara (45), penumpang bus Budiman dari Bekasi menuju Tasikmalaya. Dia mengaku sedikit kesal lantaran tiket bus langganannya dibeli secara daring lewat aplikasi maupun situs web resmi perusahaan.

"Kurang adil, naik bus ke Tasikmalaya ini kan selama ini siapa cepat dia dapat. Sekarang ada (tiket) online mereka datang belakangan tahu-tahu sudah dapat tempat duduk. Seringnya di depan juga, gimana ya kalau begitu," kata dia ketika ditemui di  Terminal Bekasi, Jawa Barat, Senin (24/4/2023).

Sebagai catatan, selama ini bus Budiman dan bus-bus tujuan sejumlah kota di Jawa Barat yang berangkat dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menggunakan sistem bayar di atas. Penumpang naik saja ke bus untuk kemudian memilih tempat duduk yang kosong dan membayar ongkos.

Ketika ditanya alasan enggan membeli tiket secara daring, Koswara menyebut bahwa transfer bank juga merepotkan baginya.