Logo Bloomberg Technoz

KPPU Sebut Harga Pangan Terkendali di Ramadan, Ini Alasannya

Sultan Ibnu Affan
18 April 2023 17:50

Pedagang mengambil cabai rawit hijau yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pedagang mengambil cabai rawit hijau yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencatat bahwa sepanjang Ramadan tahun ini, harga komoditi pangan secara rata-rata nasional menunjukkan fluktuasi harga yang masih terkendali.

Ketua KPPU M Afif Hasbullah mengatakan, kenaikan harga bahan pokok nasional hanya berkisar di antara 0,05% hingga 1,25 % jika dibandingkan dengan rata-rata harga bahan pokok bulan lalu.

"KPPU mencatat persentase kenaikan harga bahan pokok nasional berkisar di antara 0,05% hingga 1,25% jika dibandingkan dengan rerata harga bahan pokok bulan lalu," kata Afif di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Selain itu kata dia, jika dibandingkan dengan harga pada bulan lalu, harga cabai rawit merah tercatat sebagai komoditas dengan penurunan harga tertinggi secara nasional yakni hingga 35,30%.

Bawang merah ditawarkan kepada pembeli di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

"Hal ini menunjukkan bahwa semua pihak khususnya pemerintah maupun pelaku usaha berkomitmen menjaga agar harga pangan pokok untuk tetap kondusif melalui kelancaran dan ketersediaan pasokan di pasar dan menghindari adanya perilaku anti persaingan." lanjutnya.