Logo Bloomberg Technoz

Prakiraan Cuaca Indonesia Hari Ini di Awal Puncak Arus Mudik

Sultan Ibnu Affan
18 April 2023 07:32

Pergerakan mudik H-7 Lebaran (Dok BKIP Kemenhub)
Pergerakan mudik H-7 Lebaran (Dok BKIP Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi mulai Selasa (18/4/2023) akan masuk periode puncak arus mudik Lebaran tahun ini. H-1 cuti bersama juga diimbau mulai digunakan para pemudik agar kembali ke kampung halaman. Lalu bagaimana prediksi cuaca pada hari ini sebagai acuan yang bisa digunakan bagi pemudik?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat dan petir serta angin kencang yang bisa terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia pada Selasa (18/4/2023). Menurut laman resminya, BMKG menyebutkan potensi hujan lebat disertai dengan angin kencang bisa terjadi di sebagian wilayah Provinsi Jambi dan Surabaya.

Untuk wilayah Jambi, BMKG memprediksi hujan akan terjadi dibeberapa kota/kabupaten yang akan terjadi mulai pagi hingga siang hari dengan suhu 23 hingga 32 derajat celcius dan kelembapan 65 hingga 100%.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang daat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin hingga Kota Jambi pada pagi, siang dan sore hari," kata BMKG dilansir dari laman resminya.

Suasana penumpang kereta api jarak jauh saat arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Sementara itu, untuk wilayah Surabaya, hujan disertai petir diprediksi akan terjadi pada siang hari dengan kelembapan 26 hingga 33 derajat celcius dan keembaban 65 hingga 95%.