Logo Bloomberg Technoz

Aturan Wajib Parkir DHE Mulai Juli, Rupiah Akan Kian Perkasa

Ruisa Khoiriyah
15 April 2023 08:04

Dolar Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Dolar Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Arus modal asing yang terus deras telah memberi energi bagi penguatan nilai tukar rupiah beberapa waktu belakangan. Nilai tukar rupiah semakin menjauhi zona Rp 15.000 per dolar AS pada perdagangan hari terakhir di pekan terakhir sebelum libur Lebaran. 

Rupiah bukan cuma mendapat amunisi dari capital inflow yang terus berlanjut sejak Maret. Berbagai kabar positif dari dalam negeri terutama terkait prospek pemulihan ekonomi domestik di tengah perlambatan ekonomi global juga mengungkit daya tarik aset-aset rupiah.

Selain itu, mata uang Garuda juga disokong sentimen positif dari upaya bank sentral menarik pulang dolar AS milik para eksportir melalui lelang Term Deposit Valas Devisa Hasil Ekspor (TD Valas DHE). Dalam dua lelang terakhir, terlihat semakin banyak eksportir yang menyasar tenor-tenor panjang.

Rupiah juga akan semakin percaya diri menyusul segera diberlakukannya aturan wajib penempatan devisa hasil ekspor (DHE) yang direncanakan mulai Juli nanti.

Dalam gelar lelang TD valas DHE pekan ini, yaitu pada 11 dan 13 April, Bank Indonesia (BI) berhasil menarik penawaran senilai total US$ 83,5 juta, setara Rp 1,2 triliun.