Logo Bloomberg Technoz

Aksi Korporasi Hari Ini, Cum HMETD BSWD dan Cum Dividen ITMG

Muhammad Julian Fadli
10 April 2023 08:17

IDX Bursa Efek Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)
IDX Bursa Efek Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah aksi korporasi akan diselenggarakan pada Senin (10/4/2023) yaitu Penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih dahulu (HMETD) atau Right Issue PT Bank of India Indonesia Tbk (BSWD), cum date pembagian dividen PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) dan juga Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA).

BSWD menawarkan sebanyak-banyaknya 2,38 miliar saham baru atau setara dengan 50% dari modal disetor dengan nilai nominal Rp 200/saham.

Adapun rasio HMETD yang ditetapkan adalah 1:1 dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 1.000/saham sehingga jumlah dana yang akan ditargetkan adalah sebanyak-banyaknya Rp 2,38 triliun.

Seluruh dana tersebut akan digunakan oleh BSWD untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum perbankan sebesar Rp 3 triliun, serta akan dipergunakan untuk meningkatkan aset produktif.

Selanjutnya merupakan aksi korporasi pembagian dividen ITMG sebesar Rp 6.416/saham. Pembayaran dividen direncanakan berlangsung pada 18 April mendatang dengan total pembayaran dividen tahun buku 2022 keseluruhan mencapai US$ 774 juta, atau sama dengan 65% dari laba bersih.