Logo Bloomberg Technoz

Vietnam Dilanda Kekeringan, Harga Kopi Robusta Kembali Naik

News
09 May 2024 20:30

Biji kopi robusta (Sumber: Bloomberg)
Biji kopi robusta (Sumber: Bloomberg)

Mai Ngoc Chau dan Celia Bergin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga kopi Robusta berjangka naik untuk hari kedua. Hal ini disebabkan oleh suhu panas dan kurangnya curah hujan di Vietnam sebagai negara penghasil kopi terbesar.

"Hujan sudah mulai turun di Dataran Tinggi Tengah, tetapi tidak merata," kata Trinh Duc Minh, kepala Asosiasi Kopi Buon Ma Thuot di provinsi Dak Lak, daerah penghasil utama. "Jumlah curah hujannya masih jauh dari yang dibutuhkan tanaman selama periode kritis pembentukan buah ini."

Menurut Minh, sekitar 40% tanaman kopi di Dak Lak, yang mewakili sekitar sepertiga dari panen nasional, belum menerima cukup air. Ia mengatakan total curah hujan di provinsi tersebut bulan ini kemungkinan 50% lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Curah hujan di Dak Lak pada bulan Mei biasanya rata-rata 200 milimeter, kata Minh, dan jumlahnya sejauh ini baru 20-30mm.

Kenaikan harga terjadi setelah harga kopi berjangka London turun lebih dari 20% dalam waktu kurang dari dua minggu karena hujan membawa sedikit kelegaan ke daerah-daerah penghasil kopi di negara itu. Harga Robusta yang digunakan dalam campuran espresso dan minuman instan mencapai level tertinggi dalam 45 tahun pada bulan April lalu karena krisis pasokan yang disebabkan oleh kekeringan di Vietnam.