Logo Bloomberg Technoz

Mengapa Manusia Punya 5 Jari? Ini Penjelasan Lengkapnya

Redaksi
09 May 2024 15:00

Ilustrasi jumlah lima jari manusia. (Wikipedia)
Ilustrasi jumlah lima jari manusia. (Wikipedia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manusia memiliki keunikan dengan lima jari di setiap tangan dan kaki. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita memiliki jumlah jari ini? Pertanyaan ini membawa kita pada perjalanan menarik ke masa lalu nenek moyang manusia dan tetrapoda lainnya.

Evolusi Tetrapoda dan Jumlah Jari

Menurut penelitian yang dikutip oleh SBS, nenek moyang semua tetrapoda, termasuk manusia, memiliki lima jari di setiap tangan dan kaki. Pada periode Devonian sekitar 420 hingga 360 juta tahun yang lalu, nenek moyang tetrapoda sudah memiliki lima jari ini.

Bahkan, pada masa itu, hewan seperti kelelawar dan paus juga memiliki sisa-sisa tulang lima jari. Namun, alasan spesifik mengapa leluhur tetrapoda memiliki lima jari masih menjadi misteri bagi para ahli.

Adaptasi dan Kehilangan Jari

Seiring berjalannya waktu, banyak tetrapoda mengalami perubahan dalam jumlah jari mereka. Hal ini karena tidak semua jari memiliki peran yang penting dalam kehidupan setiap spesies. Misalnya, kuda memiliki satu jari besar yang berperan sebagai kuku, sementara kucing dan anjing memiliki lima jari pada cakar depannya tetapi hanya empat pada cakar belakangnya.

Namun, pada primata seperti manusia, kelima jari memiliki peran yang penting untuk aktivitas sehari-hari seperti mengambil sesuatu dan berbagai kegiatan lainnya. Kehilangan bahkan satu jari saja dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan kerugian.

Perkembangan Jari pada Embrio

Artikel Terkait