Logo Bloomberg Technoz

Langgar Perintah Pembungkaman, Trump Didenda Rp146 Juta

News
01 May 2024 12:45

Trump. (Dok: Bloomberg)
Trump. (Dok: Bloomberg)

Patricia Hurtado, Erik Larson dan David Voreacos - Bloomberg News

Bloomberg, Hakim Juan Merchan pada Selasa (30/04/2024) menyatakan Trump menghina pengadilan karena berulang kali melanggar perintah yang melarangnya berbicara secara publik tentang saksi. Hakim menjatuhkan denda US$9.000 (Rp146 juta) dan memperingatkan bahwa pelanggaran ke depannya bisa membuat Trump dipenjara.

Jaksa menuntut hukuman setelah Trump berulang kali memposting di media sosial tentang Daniels dan Cohen, yang keduanya menjadi saksi kunci melawannya. Setelah pengadilan ditutup untuk hari itu, Trump mengatakan keputusan tersebut tidak konstitusional dan menyebut hakim tersebut "sangat bertentangan."

Sementara itu terkait persidangan uang tutup mulut Donald Trump, para juri mendengar kesaksian paling jelas tentang pembayaran untuk membungkam seorang mantan Playmate Playboy (model majalah Playboy) dan seorang bintang film porno sebelum pemilu 2016. Keduanya mengklaim telah berselingkuh dengan pengembang miliarder tersebut.

Pengacara Los Angeles Keith Davidson bersaksi pada Selasa (30/04/2024) di New York untuk menceritakan bagaimana dia mewakili mantan Playmate, Karen McDougal, yang dibayar US$150.000, dan Stormy Daniels, yang mendapat US$130.000, agar tetap diam. Davidson menceritakan pembicaraan yang menegangkan dengan mantan pengacara Trump, Michael Cohen, dan National Enquirer, yang penerbitnya ingin membantu Trump memenangkan kursi kepresidenan.