Logo Bloomberg Technoz

Unjuk Rasa Pekerja Lumpuhkan Transportasi Jerman

News
27 March 2023 17:52

Kereta api Deutsche Bahn milik Jerman. (Sumber: Bloomberg)
Kereta api Deutsche Bahn milik Jerman. (Sumber: Bloomberg)
Monica Raymunt dan Stephan Kahl Bloomberg News
Bloomberg, Layanan bandara dan kereta api di Jerman ditutup sepanjang hari pada Senin (27/03/2023) akibat aksi unjuk rasa para pekerja di sektor transportasi yang menuntut kenaikan gaji, menyusul kejadian serupa di Prancis dan Inggris.

Aksi unjuk rasa itu dimulai pada Minggu (26/03/2023) tengah malam selama 24 jam.

Serikat pekerja transportasi dan kereta api Verdi dan EVG  bergabung dalam unjuk rasa yang menyebabkan gangguan perjalanan yang parah itu. Verdi menuntut kenaikan gaji sebesar 10,5% untuk pekerja sektor publik.

Bandara-bandara besar seperti Frankfurt dan Munich pun berhenti beroperasi pada Senin. Kereta api jarak jauh, regional, dan lokal yang dioperasikan oleh Deutsche Bahn dan kereta api lainnya juga berhenti beroperasi, kata EVG. 

Stasiun pusat Berlin kosong selama aksi mogok oleh pekerja publik pada 27/03/2023. (Sumber: Bloomberg)

Meski demikian, Verdi Hamburg pada Sabtu (25/03/2023) mengatakan pihaknya telah membuat perjanjian dengan semua perusahaan yang terkena dampak untuk menjamin perjalanan yang aman.

Sebelumnya, kekacauan transportasi sudah terjadi saat Deutsche Lufthansa AG terpaksa harus membatalkan beberapa penerbangan karena masalah teknis. Grup maskapai terbesar di Eropa itu telah menghadapi rentetan aksi mogok dan kasus kecelakaan operasional dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu membuat penumpang kecewa mengingat saat ini banyak orang yang siap untuk bepergian pada liburan Paskah pasca pandemi.