Logo Bloomberg Technoz

Luhut dan Menlu China Ngobrol Kereta Cepat Sambil Makan Durian

Pramesti Regita Cindy
20 April 2024 17:00

Luhut Pandjaitan. (Dok: Bloomberg)
Luhut Pandjaitan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi di kawasan wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sebagai bangsa yang punya kekayaan budaya di Asia, Indonesia dan Tiongkok sepakat bahwa hubungan antar negara harus punya semangat yang sama dalam keterbukaan. Baik itu terkait komunikasi dan dialog maupun transfer ilmu pengetahuan dan teknologi," tulis Luhut dalam postingan di Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, dikutip (20/4/2024).

Sembari memakan buah durian, Luhut mengatakan bahwa dirinya bersama Wang Yi membahasa kelanjutan proyek Kereta Cepat Indonesia-China dan berbagai hal penting lainnya. Kunjungan Wang Yi sendiri merupakan bagian dari Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama keempat Indonesia-China (HDCM).

Selain pembahasan mengenai Kereta Cepat Indonesia-China, Luhut juga membahasa mengenai rencana proyek penanaman padi di kawasan Food Estate Kalimantan Tengah dan pengembangan TSTH di Toba, hingga rencana pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung.

"Tak jarang juga kami membahas hal-hal ringan seperti bagaimana kesamaan akan prinsip saling terbuka, juga keanekaragaman budaya yang Indonesia dan Tiongkok miliki, mampu mendekatkan hubungan bilateral antara kedua negara sahabat ini," jelas Luhut.