Logo Bloomberg Technoz

Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Pada Anak

Dinda Decembria
18 April 2024 18:30

Ilustrasi anak-anak/Sumber: Bloomberg
Ilustrasi anak-anak/Sumber: Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dokter Spesialis Endokrinologi Anak Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Aditya Suryansyah mengungkap sejumlah perbedaan yang perlu dipahami untuk mengenali penyaki diabetes tipe 1 dan tipe 2 pada anak-anak.

Menurut dia, Diabetes tipe 1 terjadi karena adanya autoimun; kemampuan imun seorang anak yang justru menyerang organ tubuhnya sendiri, terutama pankreas. Hal ini kemudian menyebabkan kerusakan pada organ yang diserang tersebut.

"Autoimun menyerang, insulin terganggu dan tidak berbentuk. Sehingga fungsi insulin, makanan yang kita masukan, tidak diproses jadi energi," kata Aditya, pada live Instagram Kementerian Kesehatan, Kamis (18/4/2024).

Sedangkan, Diabetes tipe 2 muncul dari gaya hidup dan riwayat keturunan dari orang tua yang memiliki penyakit diabetes. Akan tetapi, menurut dia, diabates tipe ini biasanya muncul pada usia remaja.

Aditya mengatakan, orang tua bisa mencegah buah hatinya mengalami penyakit diabetes, terutama tipe 2. Hal ini dengan menerapkan pola hidup dan pola makan sehat.