Logo Bloomberg Technoz

Bantah Aksi Demo, TKN Prabowo-Gibran Klaim Ajukan Amicus Curiae

Muhammad Fikri
18 April 2024 15:15

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg)
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Massa pendukung pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kabarnya akan menggelar aksi demo besar di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (19/4/2024). Berdasarkan informasi yang beredar, lebih dari 100 ribu orang akan menjadi peserta aksi, mulai dari masyarakat hingga komunitas akademisi.

Akan tetapi, Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran justru menampik ratusan ribu massa yang akan berkumpul di gedung MK tersebut akan melakukan aksi demo. Mereka mengklaim hanya akan mengajukan amicus curiae atau sahabat pengadilan bagi hakim MK yang akan memutus dua perkara PHPU Pilpres 2024.

“Bukan aksi tapi ingin mengajukan sebagai sahabat pengadilan” kata Immanuel Ebenezer saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (18/4/2024).

Pengajuan pendapat atau pandangan sebagai sahabat pengadilan atau amicus curiae belakangan memang menjadi perhatian. Terutama usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengajukan amicus curiae dengan mengutip tulisan pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang.

Sebelum Megawati, beberapa kelompok masyarakat juga telah lebih dulu mengajukan amicus curiae yaitu 
beberapa organisasi kemahasiswaan; beberapa kelompok pengacara; sejumlah akademisi dan tokoh masyarakat sipil; serta Sastrawan dan Budayawan.