Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Tetap Stabil di Tengah Ketegangan Timur Tengah

News
17 April 2024 07:20

Minyak dunia. (Dok: Ilustrasi/Bloomberg)
Minyak dunia. (Dok: Ilustrasi/Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak stabil meskipun ketegangan di Timur Tengah terus berlanjut. Para trader sedang menanti respons Israel terhadap serangan Iran di akhir pekan lalu.

Minyak West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan di atas US$85 per barel setelah sedikit berubah pada hari Selasa (16/04/2024). Sementara patokan global Brent ditutup tepat di atas US$90. Israel berjanji untuk membalas serangan drone dan rudal Iran meskipun AS dan Eropa telah mendesak Israel untuk menahan diri.

Harga minyak mentah telah melonjak tahun ini karena risiko geopolitik di Timur Tengah dan Rusia, serta pembatasan produksi OPEC+, yang mendorong harga lebih tinggi. Namun, komentar terbaru dari Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell yang mengisyaratkan bahwa para pembuat kebijakan akan menunggu lebih lama dari perkiraan untuk menurunkan suku bunga, kemungkinan akan menjadi hambatan.

Persediaan minyak mentah juga menjadi fokus setelah kelompok industri melaporkan kenaikan lebih dari 4 juta barel dalam persediaan nasional AS. Data resmi akan dirilis pada Rabu (17/04/2024).