Logo Bloomberg Technoz

"Lebih banyak investor dari biasanya mungkin memilih untuk menyatakan pandangan pasar mereka melalui kripto," kata David Lawant, Kepala riset di FalconX.

Ketika Israel bersiap untuk serangan, ketegangan tersebut merugikan saham pada hari Jumat dan meningkatkan nilai tempat perlindungan seperti obligasi dan dolar.

Data Coinglass menunjukkan sekitar US$1,5 miliar taruhan kripto bullish melalui derivatif dilikuidasi pada hari Jumat dan Sabtu, salah satu likuidasi dua hari terberat dalam setidaknya enam bulan.

"Leverage telah benar-benar kewalahan dalam tiga hari terakhir, sehingga menyebabkan harga aset digital secara material memburuk," kata Ebtikar.

Pasar saham di Timur Tengah kebanyakan berwarna merah pada hari Minggu. Saham-saham Israel melepaskan keuntungan sebelumnya untuk diperdagangkan sedikit lebih rendah pada pukul 8:36 pagi waktu London.

Eskalasi militer yang signifikan antara Israel dan Iran akan menguji gagasan bahwa Bitcoin dan aset kripto lainnya menawarkan perlindungan di masa konflik, pandangan yang sering diungkapkan oleh pendukung kelas aset ini. 

Ketika Rusia menyerang Ukraina pada awal 2022, mata uang kripto berada dalam tahap awal dari kehancuran pasar yang berlangsung hingga akhir tahun tersebut.

Bitcoin turun dari rekor pertengahan Maret sebesar US$73,798. Permintaan untuk dana yang diperdagangkan di bursa AS yang didedikasikan, yang diluncurkan pada Januari, membantu token mencapai titik tertinggi sepanjang masa tetapi aliran masuk bersih ke dalam produk-produk tersebut baru-baru ini telah moderat.

Spekulan kripto menunggu pemotongan Bitcoin yang disebut, yang akan mengurangi pasokan baru token menjadi setengah dan diperkirakan sekitar 20 April. Secara historis, pemotongan telah membuktikan sebagai angin pendorong untuk harga, meskipun ada keraguan yang berkembang tentang apakah pengulangan kemungkinan mengingat Bitcoin baru-baru ini mencapai puncak historis.

(bbn)

No more pages