Logo Bloomberg Technoz

Buronan Kripto Do Kwon Ditangkap di Montenegro, Didakwa Penipuan

News
24 March 2023 10:04

Do Kwon pendiri Terraform Lab dan kripto TerraUSD & TerraLuna (Woohae Cho/Bloomberg)
Do Kwon pendiri Terraform Lab dan kripto TerraUSD & TerraLuna (Woohae Cho/Bloomberg)

Misha Savic dan Sangmi Cha - Bloomberg News

Bloomberg - Salah satu pendiri Terraform Labs, Do Kwon ditangkap di Montenegro. Ia didakwa melakukan penipuan oleh Jaksa penuntut Amerika Serikat (AS). Terraform Labs merupakan developer token kripto TerraLUNA dan TerraUSD yang membuat investor kehilangan dana US$40 miliar atau setara Rp 612 triliun (asumsi Rp 15.300/US$).

Penangkapan ini terjadi sebulan setelah otoritas pasar modal AS atau Securities and Exchange Commission (SEC) menuntut pria 31 tahun ini dan juga Terraform Labs. Tidak diketahui apakah penangkapan ini atas permintaan pihak berwenang AS. Do Kwon juga menjadi buronan Korea Selatan (Korsel).

Do Kwon ditangkap di Podgorica bersama dengan Hon Chang Joon saat mencoba terbang ke Dubai menggunakan dokumen perjalanan Kosta Rika yang dipalsukan, kata Kementerian Dalam Negeri Montenegro dalam sebuah pernyataan Kamis (24/03/2023).

Co-founder dan chief executive officer Terraform Labs, Do Kwon. (Woohae Cho/Bloomberg)

Keduanya juga ditemukan memiliki dokumen perjalanan Belgia dan Korea Selatan. Menurut Interpol, dokumen-dokumen Belgia itu dipalsukan. Polisi menyita tiga laptop dan lima telepon genggam dari keduanya, kata kementerian itu.