Logo Bloomberg Technoz

Warga Korsel Pilih Anggota Parlemen Hari Ini, Siapa Menang?

News
10 April 2024 12:30

Pemilih mengantri di depan bilik pemungutan suara anggota parlemen Korea Selatan. Fotografer: SeongJoon Cho/Bloomberg
Pemilih mengantri di depan bilik pemungutan suara anggota parlemen Korea Selatan. Fotografer: SeongJoon Cho/Bloomberg

Soo-Hyang Choi dan Shinhye Kang - Bloomberg News

Bloomberg, Warga Korea Selatan melakukan pemungutan suara untuk memilih anggota parlemen baru dalam satu-satunya referendum nasional selama masa jabatan Presiden Yoon Suk Yeol. Ini akan menentukan seberapa besar kekuasaan yang dimilikinya selama sisa tiga tahun masa jabatannya.

Pemungutan suara berlangsung dari jam 6 pagi hingga 6 sore. Rabu untuk seluruh 300 kursi di parlemen unikameral yang dikenal sebagai Majelis Nasional. People Power Party yang dipimpin oleh Yoon sedang berusaha memperoleh lebih dari 30 kursi untuk mendapatkan mayoritas yang kini dipegang oleh kubu progresif yang dipimpin oleh oposisi utama The Democratic Party.

Jajak pendapat yang dirilis segera setelah penutupan pemungutan suara mungkin menunjukkan tren umum dalam pemilu dan hasil akhirnya mungkin baru diketahui pada hari Kamis. Hingga siang waktu setempat, jumlah pemilih mencapai 49,78%, termasuk mereka yang memberikan suara pada pemungutan suara awal minggu lalu, menurut Yonhap News. Jumlah ini lebih tinggi dari 45,89% pada pemilu sebelumnya pada tahun 2020, katanya.

Dari 300 kursi, 254 kursi ditentukan melalui pemilihan langsung di daerah pemilihan dan sisanya ditentukan melalui perwakilan proporsional. Masa jabatan anggota Majelis Nasional adalah empat tahun.