Logo Bloomberg Technoz

Hamas Ungkap Tak Ada Kemajuan dalam Perundingan Gencatan Senjata

Redaksi
05 April 2024 18:20

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Seorang pemimpin senior Hamas mengatakan pada Kamis bahwa Mesir telah mengajukan proposal gencatan senjata untuk mengakhiri konflik di Gaza, namun proposal tersebut tidak menyertakan sesuatu yang baru.

Ia menambahkan bahwa para mediator AS dan Mesir ingin mempertahankan proses gencatan senjata meskipun mereka yakin bahwa ada kesenjangan yang lebar antara Israel dan Hamas.

Pemimpin Hamas tersebut mengatakan bahwa putaran pembicaraan baru mungkin akan diadakan sebelum Idulfitri, yang menandai akhir bulan Ramadan, di Kairo minggu depan antara pihak-pihak yang menjadi penengah dan Israel dalam upaya baru yang dilakukan oleh para mediator untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

"Pimpinan Hamas menginformasikan kepada para mediator Mesir dan Qatar bahwa apa yang ditawarkan tidak dapat diterima karena merupakan kelanjutan dari posisi Israel yang keras kepala," tambahnya.

Sebelumnya, seorang pejabat Hamas, Osama Hamdan, mengatakan dalam sebuah konferensi pers dari Beirut bahwa tidak ada kemajuan dalam pembicaraan gencatan senjata Gaza meskipun kelompok Palestina tersebut menunjukkan fleksibilitas.