Logo Bloomberg Technoz

Rincian per belanja antara lain, belanja pegawai Rp438 miliar, belanja barang Rp3,35 triliun, belanja modal Rp167 miliar, dan belanja bantuan sosial Rp83,31 triliun.

"Belanja bantuan sosial reguler 2023 meliputi PKH, BNPT, dan bantuan pangan El Nino 2023. Sisanya perlindungan sosial adalah bantuan atensi, makanan untuk lansia, makanan untuk disabilitas dan anak yatim, untuk 2023 ada untuk anak untuk gagal ginjal akut," jelas Risma.

Sementara itu, anggaran Kemensos pada 2024 tercatat Rp79,21 triliun. Terdiri dari anggaran perlindungan sosial Rp78,05 triliun, dan dukungan manajemen Rp1,15 triliun.

Rincian per belanja yakni, belanja pegawai Rp492 miliar, belanja barang Rp3 triliun, belanja modal Rp97,8 miliar, dan belanja bansos Rp75,61 triliun.

"Untuk 2024 tidak ada bantuan El Nino dan tidak ada bantuan untuk gagal ginjal akut," tutur Risma.

Menteri Keuangan Sri Mulyani turut memberi penjelasan terkait keluarnya anggaran bantuan El Nino dari pagu anggaran Kemensos.

Menurut Bendahara Negara, pada 2023, pemerintah menyalurkan bantuan terkait El Nino dalam bentuk bantuan beras dan bantuan langsung tunai (BLT). Khusus untuk bantuan beras disalurkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas), sementara BLT disalurkan oleh Kemensos.

"Pemerintah memberikan tambahan anggaran di tengah tahun anggaran 2023, tapi sudah dapat persetujuan DPR," kata Sri Mulyani memberi penjelasan atas pertanyaan Hakim MK Suhartoyo terkait program bantuan sosial El Nino. 

Pada 2024, pemerintah sudah menganggarkan dan mengeksekusi program bantuan pangan beras mitigasi risiko pangan melalui Bapanas.

"Namun, BLT El Nino atau sekarang disebut mitigasi risiko pangan 2024 belum dieksekusi. Kami belum mendapat dokumen Kemensos untuk bisa mengeksekusi bantuan pangan tersebut, belum ada pelaksanaannya," tegas Sri Mulyani.

Sri Mulyani menjelaskan, dalam mekanisme anggaran, sumber anggaran bisa saja ada di dalam cadangan bendahara umum negara dan bisa digunakan ketika negara atau ekonomi menghadapi situasi di mana negara butuh tambahan anggaran.

"Dan mekanisme yang dilakukan, kami mengambil dari bendahara umum negara, seperti BLT El Nino," kata Sri Mulyani.

(lav/ain)

No more pages