Logo Bloomberg Technoz

Bersaksi di MK, Airlangga Bandingkan Negara Lain yang Beri Bansos

Muhammad Fikri
05 April 2024 09:08

Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)
Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan Program Perlindungan Sosial (Perlinsos) juga dilakukan oleh beberapa negara lain untuk melindungi masyarakat miskin.

Hal ini disampaikan oleh Airlangga dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 yang digelar hari ini, Jumat (5/4/2024).

Menurut Airlangga beberapa negara memberikan Perlinsos atau bantuan sosial (bansos) karena dampak dari El Nino. Hal ini menganggu produksi beras dan berdampak signifikan terhadap masyarakat miskin.

Ia mencontohkan yang dilakukan oleh Singapura. Negara ini memberikan bansos S$800 per orang untuk mengatasi kenaikan biaya hidup dengan anggaran Rp13 triliun dilakukan bulan September. Bantuan lain berupa paket dukungan hidup diberikan pada hampir separuh penduduknya sekitar 2,5 juta orang mulai September 2024.

"Malaysia juga memberikan [bansos] 8,7 juta atau 25,4% penduduknya engan anggaran Rp25 triliun dari Januari-Desember 2023 dan dilanjutkan 2024 hingga September,” ungkap Airlangga.