Logo Bloomberg Technoz

Dan pengumuman pemangkasan pekerjaan oleh perusahaan juga berada pada level tertinggi dalam setahun dalam data dari Challenger, Gray & Christmas, yang dapat mengakibatkan meningkatnya pengangguran dalam beberapa minggu mendatang.

Pengumuman bulan lalu tersebar di beberapa industri termasuk pemerintah dan teknologi.

"PHK tentu saja meningkat di kuartal pertama, meskipun masih di bawah level tahun lalu. Banyak perusahaan tampaknya kembali ke pendekatan 'melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit'," kata Andy Challenger, wakil presiden senior di perusahaan pelatihan eksekutif, dalam sebuah laporan hari Kamis.

Apa yang dikatakan oleh Bloomberg Economics...

"Pemerintah bertanggung jawab atas pengumuman PHK terbanyak di Maret. Sejauh ini tahun ini, teknologi telah memimpin pemutusan hubungan kerja, diikuti oleh perusahaan-perusahaan keuangan, jasa, dan transportasi. Tren secara umum adalah bahwa pasar tenaga kerja mendingin - dan bahkan mungkin dengan cepat."

-Eliza Winger, ekonom.

Klaim mingguan cenderung tidak stabil. Rata-rata pergerakan empat minggu, yang membantu memperlancar fluktuasi jangka pendek, naik tipis menjadi 214.250, tertinggi sejak Februari. Angka tersebut masih di bawah level tahun-tahun sebelum pandemi.

"Secara keseluruhan, pasar tenaga kerja tetap kuat meskipun ada penyeimbangan kembali secara bertahap antara penawaran dan permintaan tenaga kerja," kata Rubeela Farooqi, kepala ekonom AS di High Frequency Economics. "Kami memperkirakan penyesuaian lebih lanjut akan datang dari moderasi dalam perekrutan daripada lonjakan pemecatan di masa mendatang."

Data klaim awal yang tidak disesuaikan, yang tidak memperhitungkan pengaruh musiman, juga naik sedikit menjadi 196.376. California dan Pennsylvania memimpin kenaikan, dan negara-negara bagian Midwestern termasuk Iowa dan Illinois mengalami kenaikan besar.

Laporan ketenagakerjaan bulanan pemerintah yang akan dirilis pada Jumat akan memberikan wawasan lebih lanjut mengenai pasar tenaga kerja. Para ekonom memperkirakan kenaikan 213.000 dalam nonfarm payrolls pada Maret.

(bbn)

No more pages