Logo Bloomberg Technoz

Israel Disebut Gempur Konvoi Relawan di Gaza secara Sistematis

Redaksi
04 April 2024 17:40

Warga Palestina mengangkut harta benda mereka setelah serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina mengangkut harta benda mereka setelah serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koki selebriti Jose Andres mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada Rabu bahwa serangan Israel yang menewaskan tujuh pekerja bantuan makanannya di Gaza telah menargetkan mereka "secara sistematis."

Berbicara melalui video, Andres mengatakan bahwa kelompok amal World Central Kitchen (WCK) yang ia dirikan memiliki komunikasi yang jelas dengan militer Israel, yang menurutnya mengetahui pergerakan para pekerja bantuannya.

"Ini bukan hanya sebuah situasi sial di mana kami menjatuhkan bom di tempat yang salah," kata Andres.

"Ini lebih dari 1,5, 1,8 kilometer, dengan konvoi kemanusiaan yang sangat jelas yang memiliki tanda-tanda di bagian atas, di atap, logo yang sangat berwarna-warni yang jelas sangat kami banggakan," katanya. "Sangat jelas siapa kami dan apa yang kami lakukan."

Andres mengatakan bahwa IDF mengetahui keberadaan konvoi tersebut. Dia menyerukan penyelidikan atas insiden tersebut oleh pemerintah AS dan negara asal setiap pekerja bantuan yang terbunuh.