Logo Bloomberg Technoz

Rival Netanyahu & Anggota Kabinet Perang Desak Pemilu Dini Israel

News
04 April 2024 11:40

Benny Gantz. (Sumber: Bloomberg)
Benny Gantz. (Sumber: Bloomberg)

Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, Benny Gantz, seorang anggota kabinet perang Israel, menyerukan pemilihan umum (pemilu) dini. Hal ini meningkatkan tekanan terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang menghadapi reaksi internasional ketika konflik di Gaza terus berlangsung, ditambah dengan protes domestik yang semakin meningkat terhadap pemerintahannya.

Gantz, yang popularitasnya di kalangan pemilih Israel meningkat sementara Netanyahu menurun, mengatakan pemilu seharusnya dilakukan pada bulan September daripada yang dijadwalkan pada tahun 2026.

Pemungutan suara awal diperlukan untuk "mengatasi tantangan yang akan datang," kata Gantz, yang memimpin partai Persatuan Nasional, dalam jumpa pers di Tel Aviv pada Rabu (03/04/2024) malam. "Publik Israel perlu tahu bahwa kami akan segera meminta kepercayaan mereka."

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Yerusalem, Israel, Rabu (11/1/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Partai Likud Netanyahu mengkritik komentar tersebut dan mengatakan pemilihan umum dalam waktu dekat akan "mengakibatkan kelumpuhan, perpecahan" dan "kerusakan fatal terhadap peluang kesepakatan sandera."