Logo Bloomberg Technoz

Australia Tuntut Tanggung Jawab Israel usai Relawan Tewas di Gaza

News
03 April 2024 08:40

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese./Bloomberg-Rohan Thomson
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese./Bloomberg-Rohan Thomson

Ben Westcott - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Anthony Albanese menyatakan rasa "marah dan keprihatinan" atas kematian seorang relawan asal Australia dalam panggilan telepon dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Kedua pemimpin tersebut berbicara pada Rabu (03/04/2024) pagi, kata Albanese kepada wartawan di Canberra, menyusul pengumuman bahwa warga negara Australia, Zomi Frankcom, termasuk di antara tujuh relawan World Central Kitchen (WCK) yang tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza.

"Korban adalah seseorang yang secara sukarela bekerja di luar negeri untuk memberikan bantuan melalui lembaga amal ini. Ini benar-benar tidak dapat diterima," kata Albanese. "Ketika saya berbicara dengan perdana menteri, saya menekankan pentingnya pertanggungjawaban dan transparansi penuh."

Albanese mengatakan harus ada penyelidikan menyeluruh terhadap pembunuhan para relawan tersebut. Dia menambahkan bahwa Netanyahu telah berkomitmen untuk melakukannya. PM Israel tersebut sebelumnya telah mengatakan bahwa pembunuhan itu tidak disengaja, dan bahwa Israel akan "melakukan segala sesuatu agar hal ini tidak terjadi lagi."