Logo Bloomberg Technoz

WNI Akan Bisa Transaksi Pakai QRIS di Brunei dan Laos

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 April 2024 10:20

Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Brunei Darussalam Central Bank (BDCB) dan Bank of the Lao PDR (BOL) resmi bergabung dalam kerja sama konektivitas pembayaran kawasan atau biasa dikenal dengan regional payment connectivity (RPC).

Bergabungnya Brunei dan Laos dalam RPC akan mempercepat konektivitas pembayaran kawasan tersebut, yakni meliputi pembayaran berbasis quick response code (QR) antar negara layaknya QRIS, maupun fast payment.

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono menjelaskan bergabungnya bank sentral Brunei Darussalam ditandai dengan penandatanganan amandemen nota kesepahaman pada 29 Februari 2024.

Sementara itu, bank sentral Laos menandatangani amandemen nota kesepahaman pada 3 April 2024, tepatnya di sela-sela pertemuan Gubernur bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN ke-11 di Luang Prabang, Laos.

“Bergabungnya BDCB dan BOL pada kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan menandai bertambahnya jumlah partisipan menjadi 8 bank sentral,” tulis Erwin dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (4/4/2024).